TTG ke-23 di Subulussalam, Aceh Besar Perkenalkan Drone Pertanian Ababil-12

Drone Pertanian Ababil-12 di Stand Aceh Besar dalam gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIII Aceh 2022 di Kota Subulussalam, Minggu (28/8). FOTO: ARIFUL USMAN/RAKYAT ACEH

Kabupaten Aceh Besar memperkenalkan Drone Pertanian Ababil-12 dalam gelaran kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-23 Aceh yang berlangsung di Kota Subulussalam, mulai 26-28 Agustus 2022.

Salah satu yang menyita perhatian di stan Aceh Besar adalah drone tersebut. Para pengunjung di hari pertama dan kedua, terlihat antusias mengamati detail drone yang digunakan untuk penyemprot pestisida pada padi dan tanaman itu.

Pencipta drone pertanian tersebut, Tgk Ibnu Hajar mengatakan, alat tersebut dipergunakan sebagai penyemprot pestisida pada padi dan tanaman. “Kita sudah terbangkan Ababil 12 di Subulussalam,” ujar Ibnu, Minggu (28/8).

Tgk Ibnu menyebutkan bahwa Ababil 12 ukuran kecil dapat mengangkut 3-4 liter air, drone besar dapat mengangkut 12 liter lebih.

“Hadirnya peralatan teknologi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan dapat dicontoh untuk dimanfaatkan didaerah lain, ” terangnya.

Pergelaran TTG Ke-23 Provinsi Aceh tahun ini menampilkan berbagai macam peralatan yang diciptakan untuk membantu dan mempermudah kegiatan manusia, sekaligus untuk mendorong lahirnya inovasi baru lainnya di bidang TTG.

Gelar Teknologi Tepat Guna XXIII Aceh, Tahun 2022 berlangsung di lapangan Sada Kata komplek Kantor Wali Kota Subulussalam. Rencananya, TTG tersebut akan ditutup malam ini sekaligus pengumuman pemenang.

 

Sumber Artikel

Leave a Reply