Cuaca Ekstrem Melanda Wilayah Aceh, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Ilustrasi. Foto: Net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang landa sejumlah wilayah di Aceh.

Kasi data dan informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria mengatakan, cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin dan kilat akan terjadi di wilayah Langsa, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Barat.

Selanjutnya wilayah Pidie Jaya, Pidie, Aceh Utara, Aceh Barat, Subulussalam, Aceh Singkil dan sekitarnya untuk beberapa hari kedepan.

“Beberapa wilayah di atas termasuk wilayah Siaga. Hujan disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan terjadi mulai hari ini hingga dua hari kedepan,” kata Zakaria, Minggu (28/8).

Berdasarkan hasil analisa BMKG, cuaca ekstrem terjadi disebabkan fenomena Madden Jullian Oscilation (MJO) dan pantauan Dipole Mode Index.

Kondisi tersebut, kata Zakaria mempengaruhi suplai uap air dari wilayah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian Barat termasuk Provinsi Aceh.

Sehingga, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif yang menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada 28 hingga 30 Agustus 2022.

“Sementara tinggi gelombang terdapat dibeberapa perairan di wilayah di Aceh mencapai empat hingga enam atau lebih yakni perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, dan sekitarnya,” ujar Zakaria.

Lanjutnya, masyarakat diminta selalu siaga bila terjadi bencana terutama terhadap potensi yang dapat berdampak seperti banjir, demikian juga bahaya angin kencang dan petir.

“Nelayan juga diingatkan selalu berhati-hati saat melakukan aktivasinya di laut,” ungkap Zakaria.

 

Sumber Artikel

Leave a Reply