Diskominsa Aceh Lakukan Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Tahap II di Nagan Raya

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh kembali lakukan pendampingan penyusunan rencana induk Smart City tahap II di Aula Hotel Grand Nagan, Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Kamis 25 Agustus 2022

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh kembali lakukan pendampingan penyusunan rencana induk Smart City tahap II selama dua hari.

Kegiatan tersebut untuk mempercepat terwujudnya kota cerdas (Smart City) di Kabupaten Nagan Raya yang berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan, Simpang Peut, Kecamatan Kuala, kabupaten setempat, mulai Kamis 25 Agustus 2022.

Sekretaris Diskominfotik Nagan Raya, Said Rizal, SE mengatakan, salah satu sasaran pokok dan arah kebijakan rencana pembangunan jangka panjang Kabupaten Nagan Raya tahun 2005-2025 yang berhubungan dengan Diskominfo meliputi peningkatan mutu pendidikan melalui penambahan jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing.

Said Rizal menyampaikan, arah kebijakan ini dipertegas pada rencana pembangunan Nagan Raya tahun 2023-2026 dengan program kegiatan peningkatan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Indeks SPBE Kabupaten Nagan Raya tahun ini adalah 1,76 dan target sampai dengan tahun 2026 adalah 2,80,” kata Said Rizal.

Adapun penerapan SPBE dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya dilaksanakan sesuai dengan kerangka kerja, tata kelola SPBE dan manajemen SPBE yang bertujuan agar penerapan SPBE dapat berjalan efektif, efesien, dan berkesinambungan.

“Program Smart City yang akan kita bahas pada hari ini akan efektif apabila pelaksanaan SPBE Kabupaten Nagan Raya dapat ditingkatkan,” ujar Said Rizal.

Karena itu, tambahnya, program Smart City banyak “pekerjaan rumah” yang harus dilaksanakan dalam penerapan SPBE, diantaranya pembuatan proses bisnis dan arsitektur SPBE Pemkab Nagan Raya yang harus dilaksanakan.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan SPBE,” kata Sekdis Kominfotik itu.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama pemateri Hendry Ahmadian M.IM dari UIN Ar Raniry, Twk. Muhammad Iqbal dari komunitas Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT), serta Zainal Mahyar, SPd, dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Aceh.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat, 25- 26 Agustus 2022. Sementara pesertanya pejabat terkait dari seluruh instansi lingkup Pemkab Nagan Raya.

Turut hadir pada acara itu Kabid Persandian Diskominsa Aceh, Iman Jaya ST, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfotik, T. Syamsul Bahri, M.Kom dan jajaran Dinas Kominfotik Nagan Raya.

 

Sumber Artikel

Leave a Reply