Kakanwil Kemenag Aceh : Perlunya Sosialisasi yang Berkelanjutan tentang Penerapan Kurikulum Merdeka

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menggelar sosialisasi kurikulum merdeka di hotel Oasis Banda Aceh, Selasa 23 Agustus 2022

Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh bekerjasama dengan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah Provinsi Aceh menggelar sosialisasi kurikulum merdeka di hotel Oasis Banda Aceh, Selasa 23 Agustus 2022.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg menyampaikan, perlunya sosialisasi yang berkelanjutan guna melahirkan komitmen tentang penerapan Kurikulum Merdeka.

“Kita harus se-arah, satu visi misi. Makanya duduk bersama ini penting dilakukan dan digencarkan, dan nantinya menumbuhkan komitmen yang baik dan seragam dalam menerapkan kurikulum merdeka di madrasah,” kata Iqbal

Menurutnya, meskipun kurikulum merdeka sudah mulai berjalan, tapi harus tetap selalu mengawal dengan seksama, sehingga tujuan pendidikan secara nasional dalam rangka memberikan kebebasan berekspresi dan mencerdaskan anak bangsa dapat tercapai.

Dikatakannya, kekuatan guru sangat luar biasa saat ini dan peran Kemenag dalam dunia pendidikan juga sangat besar.

“Sebab itu, kita yang diamanahkan sebagai guru dibawah Kemenag, jagalah marwah dan nama besar Kementerian Agama dengan terus berinovasi, meningkatkan moral, etika dan lain sebagainya yang menjadi unggulan dan prioritas Kemenag dalam dunia pendidikan,” ujar Iqbal.

Menurutnya, Pokjawas, guru dan kepala madrasah perlu terus berbenah dan berbuat memperbaiki dan mencapai target prestasi.

“Guru adalah role model, yang terus ditiru dan diteladani, makanya guru wajib menjaga marwahnya, jauh dari sikap yang tidak baik, dan menjadi panutan semua generasinya termasuk perannya yang memberi manfaat di tengah masyarakat,” kata Iqbal.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah Provinsi Aceh, Drs Nopia Dorsain mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Aceh atas support dan arahannya terhadap kinerja Pokjawas selama ini.

Ia merincikan kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari 23 Kab/Kota terdiri atas 53 orang Kepala Madrasah, 21 guru pengawas 30 orang.

Pembukaan turut dihadiri Kabid Penmad, H Zulkifli SAg MPd dan para Subkoordinator di Bidang Penmad Kanwil Kemenag Aceh.

 

Sumber Artikel

Leave a Reply