Banjir Rendam 5 Kecamatan di Aceh Barat Daya

Banjir melanda 5 Kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, mengakibatkan 5 kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir. Ketinggian air yang menggenangi permukiman warga mencapai 40 sentimeter (cm).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas Yunus, mengatakan banjir terjadi sejak Minggu, 21 Agsutus 2022, pukul 16.00 WIB.

“Akibat cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Aceh Barat Daya di lima kecamatan sehingga mengakibatkan banjir merendam rumah masyarakat dengan ketinggian air sekitar 30 sampai dengan 40 sentimeter,” kata Ilyas, Senin, 22 Agustus 2022.

Ilyas memerinci kelima kecamatan yang terendam, yakni Kecamatan Kuala Batee, Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Setia, Kecamatan Tangan-tangan, dan Kecamatan Blangpidie.

“Dampak dari banjir itu mengakibatkan sebanyak 20 unit rumah terendam banjir di Desa Cot Mane, Kecamatan Jeumpa. Kemudian tanggul menjadi jebol, jalan longsor, dan jembatan rusak berat, serta terendamnya persawahan masyarakat,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Daya telah mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir. BPBD akan menurunkan satu unit alat berat untuk pembersihan tempat yang menghambat air.

“Tidak ada pengungsi dan korban jiwa dalam bencana ini. Namun, untuk korban terdampak masih dilakukan pendataan. Kondisi terakhir air sudah mulai surut,” ucap Ilyas.

 

Leave a Reply