Kadispora : Stadion Utama Bertaraf Internasional Segera Dibangun Guna Sukseskan PON Aceh-Sumut 2024

Ilustrasi/Net

Pemerintah Aceh terus mempersiapkan berbagai hal teknis untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut pada 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Dedy Yuswadi mengatakan, salah satu fokus utama pemerintah adalah membangun stadion utama yang bertaraf Internasional dengan anggaran mencapai Rp 1,8 triliun.

“Kita juga sudah melakukan peninjauan langsung ke lapangan di mana titik yang terbaik untuk dibangun stadion utama bertaraf Internasional,” kata Dedy Yuswadi, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Kamis (11/8).

Dedy menjelaskan, stadion utama bertaraf Internasional ini diharapkan juga bisa dipakai untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas). Sehingga stadion ini sangat cocok bagi para atlet-atlet cacat atau penggunaan paragame nantinya.

Menurut Dedy, Dispora Aceh juga telah menyiapkan masterplan dan Detail Engineering Design (DED) bagi keseluruhan venue (lokasi) yang akan dibangun di lokasi-lokasi tersebut.

DED dalam pekerjaan konstruksi dapat diartikan sebagai produk dari konsultan perencana, yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan (gambar kerja) detail bangunan sipil seperti gedung, kolam renang, jalan, jembatan, bendungan, dan pekerjaan konstruksi lainnya.

“Saat ini kita sudah melakukan penetapan venue PON yang lokasinya berada di Kampus II USK di Neuhen, Aceh Besar,” sambungnya.

Lebih jauh Dedy menyampaikan, di kawasan Kampus II USK itu bakal dibangun sebanyak 13 venue PON yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Seperti gedung, masjid, wisma atlet, dan fasilitas lainnya.

Dia menambahkan, beberapa waktu lalu pengurus PB PON wilayah Aceh juga telah dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat. Sesuai perintah Pj Gubernur Aceh, kata Dedy, formatur PB PON ini akan segera direvisi.

“Karena Papua sendiri itu sampai lima enam kali revisi, jadi menyesuaikan dengan keadaan yang darurat,” tandas Dedy.

Sumber Artikel

Leave a Reply