Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

UIN Ar-Raniry terima 7.175 Mahasiswa Baru 2024 – ANTARA News Aceh

Banda Aceh (ANTARA) – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun akademik 2024 akan menerima sebanyak 7.175 mahasiswa baru melalui berbagai jalur penerimaan yang tersedia pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan UIN Ar-Raniry secara Mandiri.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman di Banda Aceh, Kamis mengatakan tujuh ribuan mahasiswa baru tersebut akan diterima melalui lima jalur yakni dua jalur dari Kemdikbud yaitu SNBP dan UTBK-SNBT, dua jalur dari Kemenag yaitu SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN serta Jalur Mandiri atau PMB Lokal,.

“Kita terus berupaya meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat, sehingga jumlah lulusan SMA/sederajat semakin banyak bisa melanjutkan studi di UIN Ar-Raniry,” katanya di Banda Aceh.

Baca juga: UIN Ar-Raniry akan terima 6.185 mahasiswa baru

Ia menyebut untuk jalur SNBP dan SPAN-PTKIN jumlah peminat mencapai 8.601 orang atau naik signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya 2.015 orang.

Rektor mengatakan melalui jalur UTBK-SNBT, UIN Ar-Raniry akan membuka kesempatan untuk 16 program studi, antara lain Pendidikan Teknik Elektro, Arsitektur, Bimbingan Konseling, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Ekonomi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Negara, Pendidikan Teknologi Informasi, Psikologi, Kesejahteraan Sosial, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, Biologi, Kimia, Teknologi Informasi, dan Ilmu Hukum.

“Penerimaan melalui Jalur UM-PTKIN akan dibuka pada tanggal 17 April hingga 15 Juni 2024. Informasi terkait jadwal penerimaan mahasiswa melalui Jalur Mandiri UIN Ar-Raniry akan diumumkan,” katanya.

Prof Mujib menambahkan, pada jalur UM-PTKIN, UIN Ar-Raniry akan membuka kesempatan untuk 29 program studi, antara lain Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Aqidah dan Filsafat Islam, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Sosiologi Agama, Ilmu Hadis, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam.

Selanjutnya, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, Hukum Tata Negara, Perbankan Syariah, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam.

Kemudian, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Biologi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf mengatakan UIN Ar-Raniry berkomitmen meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat dengan memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengejar impian akademis mereka.

Baca juga: Ini dia hasil SBMPTN 2021 diumumkan Senin pukul 15.00 WIB