Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Begini efek sering berkumur dengan antiseptik terhadap mulut kita saat Ramadhan – ANTARA News Aceh

Jakarta (ANTARA) – Sebagian orang memiliki kebiasaan baru berkumur dengan cairan antiseptik, padahal itu berisiko bagi mulut apabila tidak dilakukan dengan benar.

Dokter Spesialis Konservasi Gigi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) drg Indira Larasputri mengatakan kebiasaan terlalu sering berkumur dengan obat antiseptik dapat menyebabkan mulut menjadi lebih cepat kering, terlebih saat sedang berpuasa.

“Untuk saat berpuasa sendiri sebenarnya tidak perlu sesering itu untuk berkumur dengan antiseptik,” katanya dalam diskusi mengenai kesehatan rongga mulut saat berpuasa yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Indira menganjurkan penggunaan obat antiseptik cukup tiga kali seminggu saat malam hari selama menjalankan ibadah puasa, terlebih jika tidak memiliki masalah tertentu dengan rongga mulut.

Baca juga: Konsumsi kedelai bikin kanker hanya mitos, begini penjelasan ahli gizi

Ia menjelaskan penggunaan obat kumur yang terlalu sering selama berpuasa dapat menyebabkan mulut menjadi semakin kering.

“Nah kalau misalnya mulut kita kering, justru malah akan memunculkan masalah baru, seperti sariawan,” ujarnya.

Adapun jika penggunaan obat kumur dimaksudkan untuk membasmi kuman yang ada pada mulut untuk menghindari bau mulut pada saat berpuasa, ungkap Indira, hal tersebut tidak berdampak secara efektif.

Baca juga: Lebam tanpa sebab bisa jadi gejala awal kanker pada anak, begini penjelasan dokter

Menurutnya, akan selalu terdapat kuman yang di dalam rongga mulut sehingga masyarakat lebih perlu memperhatikan keseimbangan dari kuman yang ada pada rongga mulut, yang dapat diatur dengan melakukan pembersihan gigi secara benar dan teratur.

Ia menyebut terdapat tiga cara untuk membersihkan gigi dengan benar saat menjalankan ibadah puasa, antara lain dengan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

“Kemudian yang ketiga adalah penggunaan obat kumur sesuai dengan indikasi dari dokter gigi,” ujar¬†Indira Larasputri.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter: Sering berkumur dengan antiseptik sebabkan mulut mudah kering