Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Realisasi PBB Aceh Besar capai 83 persen dari target 2023 – ANTARA News Aceh

Banda Aceh (ANTARA) – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Besar mencatat pendapatan daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB selama Januari hingga Oktober telah mencapai 83 persen dari target tahun 2023 yang sebesar Rp9,5 miliar.

Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah pada BPKD Kabupaten Aceh Besar Syahidul Haq di Lambaro, Jumat, mengatakan total realisasi PBB di daerah itu hingga 31 Oktober 2023 telah mencapai Rp7,9 miliar.

“Insya Allah target tersebut akan tercapai hingga akhir tahun 2023 ini,” katanya.

Ia menjelaskan untuk meningkatkan penerimaan PAD daerah salah satunya dari sektor PBB adalah melakukan pendataan, penagihan secara langsung, dan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kita juga terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk rutin dan taat membayar PBB. Di mana semua pendapatan yang diterima tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan di Aceh Besar,” katanya.

Ia mengatakan untuk memudahkan masyarakat membayar PBB secara non tunai, pihaknya saat ini sedang melakukan upaya digitalisasi yakni pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan melalui aplikasi action mobile milik Bank Aceh.

“Saat ini sedang proses dan kita ¬†terus berbenah dan meningkatkan metode pembayaran dan juga sosialisasi kepada masyarakat sehingga mereka menjadi warga yang taat membayar pajak salah satunya PBB,” katanya.

Ia mengajak masyarakat untuk selalu patuh dan taat dalam membayar PBB yang dapat dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik Lambaro sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Baca juga: Aceh Besar gelar pasar murah khusus tekan inflasi