Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Manfaat konsumsi suplemen kecantikan, jaga kesehatan kulit dari dalam – ANTARA News Aceh

Banda Aceh (ANTARA) – Marketing Manager Indocare B2B Gunawan Tegarbakti menilai bahwa suplemen kecantikan saat ini dinilai penting dikonsumsi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih bercahaya.

“Suplemen kecantikan sebagai upaya untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya,” kata Gunawan Tegarbakti dalam keterangannya di Banda Aceh, Rabu.

Saat ini, semakin banyak orang yang peduli akan penampilan dan kesehatan kulit yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu aspek yang semakin populer adalah penggunaan suplemen kecantikan.

Dirinya menjelaskan, setelah pandemi COVID-19 berakhir, semakin banyak orang yang mulai memahami bahwa kecantikan sejati berasal dari dalam. Suplemen merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya. 

Dijelaskan, adapun manfaat dari suplemen kecantikan tersebut yakni bisa memperlambat penuaan dini ketika menginjak usia akhir 20 hingga 30-an ke atas, di mana tanda-tanda penuaan dini di wajah mulai terlihat. 

Sebagai wanita, tentunya konsumen ingin kecantikan kulit mereka tetap terjaga. Nah, suplemen kecantikan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit yang kusam.

Kemudian, lanjut Gunawan, juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kolagen, mengkonsumsi suplemen juga dapat membantu meningkatkan kadar kolagen. 

“Kolagen sendiri adalah protein penting dalam tubuh, dan sekitar 70 persen struktur kulit terdiri dari kolagen untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit,” ujarnya.

Selanjutnya, bisa mempertahankan elastisitas kulit kolagen, berperan dalam menjaga elastisitas kulit yang mempengaruhi kekenyalan kulit. 

Kulit yang kurang elastis bisa menyebabkan munculnya kerutan lebih cepat. Maka dari itu, mengonsumsi suplemen bagi konsumen tidak hanya mencegah kerusakan kolagen, tetapi juga meningkatkan kekenyalan kulit.

Suplemen juga sebagai antioksidan
radikal bebas seperti sinar matahari, asap rokok, dan polusi dapat mempercepat penuaan kulit. 

Karena itu, kulit membutuhkan suplemen antioksidan yang dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Antioksidan yang umum digunakan pada suplemen kecantikan adalah vitamin A, C, dan E. 

Terakhir, lanjut Gunawan, mencerahkan kulit, salah satu tanda penuaan dini adalah kulit yang tidak merata dan flek hitam. 

“Suplemen yang mengandung tranexamic acid atau melatonin juga berfungsi untuk memberikan kecerahan pada kulit dan mengurangi flek hitam,” kata Gunawan.

Dalam kesempatan ini, Gunawan juga menuturkan, adapun syarat-syarat dalam menciptakan produk suplemen yang kompetitif dan berhasil di pasar, mengingat banyak pebisnis yang ingin mengembangkan produk ini karena memiliki prospek yang bagus. 

Karena itu, jika berminat pada bidang bisnis ini, maka harus mematuhi aspek penting serta regulasi pemerintah untuk menyertakan diantaranya:

  • Formula lengkap bahan aktif dan tambahan per bentuk sediaan atau per saji dalam satuan metrik.
  • Jumlah setiap bahan yang Anda gunakan dalam satu kali pembuatan.
  • Cara pembuatan secara rinci.
  • Spesifikasi bahan baku dan referensi yang digunakan, termasuk hasil pengujiannya, seperti Certificate of Analysis (CoA) bahan baku dari supplier dan/atau dari produsen.
  • Spesifikasi produk jadi dan referensi yang digunakan, termasuk hasil pengujian berupa spesifikasi, metode analisa, dan hasil pengujian sesuai dengan standar keamanan dan mutu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengenai persyaratan mutu suplemen kecantikan.
  • Protokol dan hasil uji stabilitas produk jadi yang mengikuti peraturan yang berlaku.
  • Hasil uji toksisitas untuk produk yang belum memiliki profil keamanan yang diketahui.
  • Informasi tentang sumber dan proses perolehan bahan baku tertentu, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Spesifikasi kemasan
  • Serta data dukung lainnya, jika ada informasi khusus dalam desain kemasan, seperti logo halal produk, logo iradiasi, atau logo organik.

Gunawan menyarankan, kepada yang ingin memulai bisnis tersebut dapat memilih maklon terbaik untuk mengembangkan suplemen kecantikan.

Memilih maklon suplemen kecantikan terbaik berdampak besar pada kesuksesan bisnis. 

Maka, Indocare B2B telah terbukti sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam pengembangan produk suplemen kesehatan dan kecantikan di Indonesia, dengan kualitas dan standar mutu yang telah teruji. 

“Dengan dukungan dan pengalaman yang luas dalam industri suplemen kecantikan, Indocare B2B siap membantu Anda dalam mewujudkan produk-produk berkualitas unggulan, dapatkan penawaran spesial hari ini,” demikian Gunawan.