Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Festival Kenduri Rakyat HUT Ke-21, Aceh Jaya Terima Rekor MURI

ALS.id (Calang): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya menerima penghargaan rekor kategori baru dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai daerah berhasil dengan inovasi pengembangan badan usaha dan terobosan baru di malam Festival Khanduri Rakyat 2023.

“Penganugerahan berdasarkan surat Kemendes tentang penetapan Kabupaten Aceh Jaya sebagai kabupaten di Indonesia yang pertama berhasil dalam menginisiasi kerja sama antar desa terbanyak, yaitu membuat badan usaha yang dimiliki gampong 172 dalam satu dokumen kesepakatan kerja sama,” kata Direktur Operasional MURI perwakilan MURI, Jusuf Ngadri.

Rekor pemerintah Aceh Jaya, sesuai surat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi nomor 16/PRI.02/VII/2023. Selanjutnya disebutkan bahwa Aceh Jaya kabupaten di Indonesia yang pertama dimana kerja sama dengan 172 desa berhasil menyepakati pendirian Badan Usaha Milik Desa bersama (Bumdesma) dan diberi nama Bumdesma Aceh Jaya Kerja Bersama.

Rekor ketiga, Bumdesma ini adalah yang pertama di Indonesia yang berhasil mendirikan pabrik kelapa sawit. Pengjhargaan diterima langsung oleh Pj. Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, S.Sos, M.Si , dalam acara kenduri rakyat pada Sabtu (15/07/2023).

Jusuf mengatakan Penghargaan rekor MURI yang diberikan untuk Aceh Jaya merupakan keberhasilan dalam kepeloporan atas rekor katagori baru yang sulit dipecahkan. “Ini adalah inisiasi dari Pj. Bupati Aceh Jaya dalam melakukan lompatan kedepan dalam mempersatukan masyarakat Aceh Jaya yang bertujuan untuk kesejahteraan.”

“Dan tidak mudah untuk mempersatukan semua gampong yang memiliki berbagai kepentingan ini agar bersama-sama membentuk Bundesma,” ungkap Jusuf menambahkan belum pernah ada kabupaten/kota di Indonesia yang mampu melakukan apa yang dilakukan oleh Pj. Bupati Aceh Jaya ini. “Apa yang dilakukan oleh Pj. Bupati Aceh Jaya ini merupakan terobosan baru yang dibutuhkan dalam pembangunan. dan kita patut memberi apresiasinya.”

#acehjaya #bekasi #majuberkembang

Malam Festival Kenduri Rakyat HUT Ke-21, Aceh Jaya di Anugerahi Rekor MURI