Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Disdukcapil Aceh Timur jemput bola layani adminduk masyarakat – ANTARA News Aceh

Aceh Timur (ANTARA) – Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Timur bekerja sama dengan BPJS Kesehatan kesehatan memberikan pelayanan jemput bola guna melayani administrasi kependudukan (adminduk) masyarakat di daerah itu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Aceh Timur Faisal di Aceh Timur, Selasa, mengatakan pelayanan jemput bola dilakukan dengan mendatangi desa-desa-atau gampong guna mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Pelayanan jemput bola ini merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk mendekatkan dan mempercepat pelayanan adminduk dengan melaksanakan layanan langsung di tempat terutama bagi masyarakat di wilayah jauh dari akses pelayanan,” katanya.

Faisal menyebutkan layanan jemput bola yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Aceh Timur di antaranya penerbitan kartu identitas anak (KIA), akta kelahiran, akta kematian, dan perekaman KTP elektronik, dan administrasi kependudukan lainnya.

“Pelayanan ini untuk memudahkan masyarakat di Kabupaten Aceh Timur. Karena itu, kami mengharapkan masyarakat memanfaatkan pelayanan jemput bola tersebut dengan baik,” kata Faisal.

Bagi desa atau gampong yang belum didatangi, Faisal meminta keuchiek atau kepala desa menyurati pihaknya untuk meminta dan melakukan pelayanan jemput bola di desa yang dipimpinnya.

“Kami akan merespons dan menindaklanjuti surat tersebut. Dan selanjutnya, tim langsung berkoordinasi untuk ¬†mengatur jadwal dan turun ke lapangan. Oleh sebab itu, kami sangat berharap partisipasi keuchik dan masyarakat mendukung program layanan jemput bola tersebut,” kata Faisal.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Aceh Timur Rustam mengapresiasi upaya Disdukcapil Kabupaten Aceh Timur yang mencetus inovasi program pelayanan jemput bola tersebut, sehingga mempermudah koordinasi dalam pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat.

“Ini adalah sinergitas yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami sendiri terus mendampingi Disdukcapil dalam program jemput bola ke gampong-gampong,” katanya.

Dalam program jemput bola tersebut, kata Rustam, pihaknya juga memberi pelayanan seperti penambahan peserta baru, perubahan data, dan pengaktifan kartu peserta BPJS Kesehatan.

“Layanan jemput bola ini mendapat dukungan masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah mengurus segala hal terkait administrasi kependudukan dan pelayanan BPJS, sehingga tidak lagi bermasalah ketika berobat di fasilitas kesehatan,” kata Rustam.